Kunjungan Kerja ke Kantor BPBD Provinsi Jawa Timur

Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Daerah Jawa Timur (Jatim) melakukan kunjungan kerja bersama Department of Foreign Affairs and Trade (DFAT) dan SIAP SIAGA ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jatim pada Rabu 2 Februari 2022.

Kegiatan ini dihadiri oleh Direktur Eksekutif Daerah PKBI Jatim, Ibu Zahratul Ulya, Perwakilan dari PKBI Pusat, Bapak Erry H. Kamka, Penasehat DFAT, Bapak Simon Ernst, serta perwakilan dari tim SIAP SIAGA.  Kepala Pelaksana BPBD Jatim, Bapak Budi Santosa beserta jajaran staffnya menyambut langsung di kantor BPBD Jatim.

Dalam sambutannya, Bapak Budi memberikan apresiasi kepada PKBI berserta DFAT yang sudah berkenan hadir. Kunjungan ini bukan semata kunjungan kerja biasa, namun lebih dari itu harapanya terjalin Kerjasama yang lebih strategis untuk pennggulangan bencana diwilayah Jatim. Menurutnya bahwa dasar pancasila dan semangat gotong royong menjadi budaya kita yang bisa digunakan sebagai strategi untuk menjadikan masyarakat sebagai subject kebencanaan. Atas dasar itu pula BPBD Jatim membentuk Desa Tanggung Bencana (Destana).

Kemudian Beliau menyampaikan pembelajaran dari bencana di Semeru bahwa selain menyediakan tempat hunian sementara/tetap, para korban juga dibekali peningkatan kapasitas dalam isu ekonomi dan sosial, supaya masyarakat yang kehilangan mata pencaharian bisa segera beradaptasi.

Penasehat DFAT, Bapak Simon menyampaikan apresiasi kepada BPBD Jatim atas kerjasama yang sudah terjalin lama dengan Pemerintah Australia. Harapanya Kerjasama ini terus belangsung agar bisa memberikan dampak yang baik untuk masyarakat.

Dalam kesempatan ini, PKBI menyampaikan pengalamannya dalam menjalankan Program Kemanusian, yang didukung Pemerintah Australia. Selain itu, PKBI menyampaikan dukungan bagi pemerintah Jatim dalam melakukan respon bencana erupsi gunung Semeru. Dukungan yang dimaksud berupa penyediaan layanan kontrasepsi, layanan Kesehatan seksual dan reproduksi, pendampingan Orang Daengan HIV/AIDS, anak, remaja, lansia dan juga pembentukan Remaja Semeru Bangkit (Seba)

BPBD Jatim kemudian mengajak Tim Kunjungan untuk berkeliling melihat Ruang Pusat Pengendalian dan Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops) dibentuk dengan tujuan pengelolaan informasi kebencanaan dan Tenda Pendidikan Bencana.

Kunjungan ke Tenda Pendidikan Bencana

Foto bersama di depan Tenda Pendidikan Bencana

Sambutan Tim Kunjungan Kerja ke Kantor BPBD Jawa Timur