TA PKBI Cab Jember dan Klinik Associate

Untuk mencapai visi dan misi Organisasi PKBI yang telah ditetapkan dalam Rencana Strategi tahun 2021 – 2030, PKBI telah menetapkan enam Strategi salah satunya adalah Meningkatnya Model – Model Layanan Kesehatan Keluarga Komprehensif PKBI yang Menjadi Rujukan Pihak Lain, dengan tujuan memiliki model model layanan layanan kesehatan keluarga yang komprehensif.

Model layanan kesehatan keluarga perlu untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat dalam mengakses layanan kesehatan dapat pula diartikan sebagai upaya fasilitas kesehatan PKBI untuk mendekatkan akses yang berbasis pada hak kesehatan seksual dan reproduksi. Sayangnya dalam kurun masa Pandemi Covid 19, sejak tahun 2020 hingga sekarang akses layanan kespro di klinik PKBI cenderung menurun dikarenakan banyak hal, baik dari sisi klinik PKBI nya yang tidak bisa memenuhi tuntutan masyarakat melalui sistem pembiayaan insurance, persaingan dengan klinik lain, promosi maupun dari sisi klien yang menurun kebutuhannya akibat adanya stigma, diskriminasi dan kebijakan terkait kesehatan reproduksi.

Menanggapi isu stigma, diskriminasi, dan promosi serta Fasilitas yang mendukung layanan kesehatan reproduksi pada masa pandemic covid 19, PKBI telah dipercaya untuk menjalankan proyek RESPOND dari bulan April 2022 hingga Agustus 2023. Project ini berjalan di 25 Daerah, salah satunya PKBI Jawa Timur

Dalam implementasi nya, PKBI Jawa Timur melakukan upaya mpelibatan PKBI Cabang sebagai pelaksana nya, salahsatunya adalah PKBI Cabang Jember. Dengan cara bekerjasama dengan Klinik Associate, yakni klinik non PKBI tapi melakukan MOU layanan kesehatan dengan PKBI Cabang maupun Daerah. Terdapat 2 klinik associate yang ada di PKBI Cabang Jember.

Capaian dari Klinik Associate tersebut sangat baik, bahkan sampai dengan saat ini sudah tercapai lebih dari 50% dari target. Namun ada wilayah Jember Selata yang masih belum tersentuh oleh layanan klinik associate PKBI Cabang Jember, sehingga diperlukan untuk melihat kembali Klinik Associate yang bisa diajak bekerjasama dalam pemberian layanan kesehatan kepada masyarakat.

Selain itu, dalam pengembangan kerjasama juga diperlukan dukungan dari Stakeholder dan Mitra Jaringan terkait, agar project berjalan dengan lancar dan tujuan akhir setelah project ini adalah PKBI Cabang Jember bisa mandiri dalam memberikan pelayanan kesehatan reproduksi kepada masyarakat.

Tujuan kegiatan ini untuk melakukan update taregt dengan capaian RESPOND PKBI Cab. Jember, serta hambatan dan tantanganyang dihadapi. melakukan site visit associate dan melakukan jejaring dengan stakeholder dan mitra PKBI Cab. Jember.