GEDSI Menuju Indonesia Inklusi

PKBI Jawa Timur sebagai lembaga Swadaya Masyarakat yang merupakan bagian dari organisasi agen perubahan sosial masyarakat khususnya di aspek pemberdayaan. PKBI Jawa Timur peduli  akan Anak Berhadapan Hukum (ABH) yakni mengupayakan pemenuhan akan hak dasar anak yang seharusnya di peroleh. PKBI Jawa Timur bekerja sama dengan stakeholder daerah untuk mengawasi, mengembangkan dan mendampingi Anak Berhadapan Hukum (ABH) di LPKA Kelas I Blitar.

Sementara itu, dalam mendampingi dan mengawasi ABH, para Stakeholder dan Staf LPKA Kelas I Blitar harus memiliki pemahaman Gender Equality Dan Sosial Inklusi untuk melalui Capacity Building. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan peningkatan kemampuan, keterampilan dan attitude pegawai sehingga lebih inklusif. Demikian pentingnya pengetahuan mengenai pemahaman Kesetaraan Gender, Hak Kesehatan Seksual dan Reproduksi (HKSR), Hak-Hak Anak, Hukum Perlindungan Anak serta Peran Pendamping ABH yang Ideal. Pengetahuan dan pemahaman tersebut harus dimiliki oleh pegawai staf LPKA Kelas I Blitar dan Stakeholder yang turut berkontribusi dalam Program INKLUSI. Kegiatan tersebut di lakukan agar pelayanan dan kebijakan yang Inklusi bagi Anak Berhadapan Hukum (ABH). Pelatihan GEDSI ini diadakan pada hari Senin – Selasa, 15 – 16 Agustus 2022 bertempat di LPKA Kelas I Blitar.

Pada pelatihan ini akan di Isi beberapa narasumber yaitu Kepala LPKA Kelas I Blitar, DP3KA, BAPAS Kediri dan Dokter Pemerhati Gender. Rangkaian acara tersebut di awali dengan sambutan dari Direktur Eksekutif PKBI Jawa Timur (Zahrotul Ulya, S.Kep., M.M.) dan Kepala LPKA Kelas 1 Blitar (Tatang Suherman) serta menyanyikan lagu Indonesia Raya. Selanjutnya pemaparan materi oleh narasumber, kemudian di akhir akan di lakukan penulisan hasil diskusi Kebijakan HKSR. Pada hari kedua di akhiri dengan sesi pembentukan kebijakan dan pemetaan kondisi pendampingan ABH.