Koordinasi Stakeholders untuk Pulih Bersama

Pandemi Covid-19 dimulai pada Desember 2019 dan telah menyebar ke 222 negara di seluruh dunia. Di Indonesia, kasus pertama Covid-19 teridentifikasi pada Maret 2020 dan jumlah kasusnya terus meningkat. Hingga saat ini, sebanyak 6,17 juta kasus yang telah tercatat di Indonesia. Selain itu, perkembangan dari virus Covid-19 sendiri terus berkembang menjadi beberapa varian baru seperti BA.2.75. Menanggapi krisis Covid-19 yang sedang berlangsung di Indonesia, IPPF – bersama dengan PKBI – mengusulkan intervensi selama 12 bulan di bawah program RESPOND yang didanai DFAT.

Program Pulih Bersama ini sendiri telah berlangsung secara efektif semenjak Februari 2022. Program ini merupakan program singkat yang dibentuk dengan tujuan untuk menggelar kegiatan pelengkap untuk menjangkau lebih banyak penerima manfaat. Tujuan inti dari inisiatif ini adalah untuk mendukung orang-orang yang rentan dan terpinggirkan (termasuk wanita hamil, penyintas SGBV, ODHA, LGBTIQ, orang lanjut usia, orang yang hidup dengan disabilitas, dan migran tidak berdokumen) yang terkena dampak langsung oleh Covid-19. Tujuan tersebut dapat dicapai dengan menyediakan akses terhadap pelayanan kesehatan dan SRH.

Melihat adanya kebutuhan tersebut, maka perlu diadakannya rapat koordinasi dengan stakeholders. Hal ini perlu dilakukan supaya terciptanya kerjasama yang baik antara PKBI daerah/cabang dengan mitra-mitra yang akan terlibat dalam program ini, baik langsung maupun tidak langsung. Selain itu, melihat bahwa program Pulih Bersama merupakan sebuah program jangka pendek. Tujuan lain dari diadakannya rapat ini adalah agar kerja sama yang telah terbentuk selama pelaksanaan program dapat terus dilakukan setelah program. Sehingga output dari rapat koordinasi ini adalah alur dan teknis kerjasama PKBI daerah/cabang dengan stakeholders dalam pelaksanaan Program Pulih Bersama serta setelah program itu sendiri. Sehingga, kerjasama yang telah terjalin selama pelaksanaan program nanti akan tetap terjalin meskipun program Pulih Bersama telah berakhir.