International Youth Day Celebration 2022

Youth Forum PKBI DIY telah melangsungkan acara Jagongan Remaja batch ketiga di Dolan Ndeso Mboro, Kulon Progo, Yogyakarta. Kegiatan tersebut dilakukan selama 3 hari pada tanggal 26 hingga 28 Agustus 2022. Peserta dalam acara tersebut merupakan perwakilan remaja dari seluruh Indonesia yang berjumlah 150 orang dengan rentang usia 15-20 tahun. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati hari remaja internasional 2022 dengan tema “Solidaritas antar Generasi: Menciptakan Dunia untuk Semua Usia”.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk membangun gerakan remaja melalui produksi pengetahaun dan proses dialog antar remaja, menjadikan pengalaman sebagai sumber informasi dalam pemenuhan Hak Kesehatan Seksual dan Reproduksi. Melalui kegiatan tersebut diharapkan remaja dapat memahami keberagaman seksualitas, gender, kesehatan reproduksi dan identitas remaja sebagai aktor perubahan, memiliki kepercayaan diri dalam memperjuangkan haknya sebagai warga Negara.

Selama kegiatan tersebut, remaja tidak hanya diberikan ilmu mengenai Kespro dan HKSR yang fokus diajarkan oleh fasilitator pada hari pertama namun juga dilatih keterampilannya dalam berorganisasi melalui pembentukan kelompok-kelompok diskusi. Selain itu juga terdapat kelas satelite pada hari kedua dimana peserta dapat memilih kelas sesuai dengan minatnya dalam kelas menulis, kelas video konten, kelas poster, dan kelas photo voice. Peserta juga melakukan kegiatan pentas seni atau Pensi dan diakhiri dengan outbond pada hari ketiga.

Melalui kegiatan ini, remaja sebagai generasi emas penerus bangsa diharapkan dapat menjadi aktor perubahan dalam masyarakat. Dengan dikumpulkannya remaja dari berbagai latar belakang budaya dan suku bangsa, remaja dapat menjalin relasi dan mendapatkan pengalaman baru bersama teman baru. Diperlukan adanya kesepahaman bagi remaja agar tercipta ruang aman untuk berekspresi, dan advokasi perjuangan identitas remaja. Melalui kegiatan ini, remaja diharapkan dapat membangun kesepamahaman untuk bergerak bersama dalam memperjuangkan hak kesehatan seksual dan reproduksi, tidak hanya di Yogyakarta namun gerakan nasional remaja.