Sudah Medical Checkup Bulan Ini?

Medical Checkup merupakan kegiatan dalam pengabdian masyarakat. Medical Checkup ini merupakan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh untuk mengetahui ada-tidaknya masalah kesehehatan sejak dini. Pembicaraan tentang pemeriksaan kesehatan  (Medical Checkup) sudah membudaya pada sebagian individu, akan tetapi sampai saat ini ada juga masyarakat hanya sekedar tahu dan tidak berlanjut pada tahap selanjutnya yakni tahap pemeriksaan. Hal tersebut terjadi karena kurangnya pengetahuan dan kesadaran dalam setiap individu masyarakat. Manfaat dari Medical Checkup diantara lain yakni dapat mengetahui status kesehatan, memantau perkembangan penyakit yang diderita dan mencegah timbulnya penyakit. Jika dilihat dari manfaat Рmanfaat yang ada dalam kegiatan Medical Checkup ini sangat berperan penting dalam mengontrol kesehatan individu.

Sebelum pelaksanaan pemeriksaan kesehatan atau medical checkup terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti tidur cukup selama 6-8 jam hal ini ditujukan karena apabila kurang tidur akan menyebabkan hasil pengecekan kurang baik terkait tekanan darah, denyut jantung, dan suhu tubuh, puasa selama 8-12 jam sebelum menjalani medical checkup. Namun hal ini tergantung jenis pemeriksaan yang dilakukan, bagi pasien yang pernah atau sedang menderita gangguan kesehatan, dianjurkan untuk membawa hasil pemeriksaan sebelumnya atau obat yang dikonsumsi.

Dalam pelaksaannya, terdapat beberapa tahapan yang harus dilakukan, seperti tahapan dalam Medical Checkup pada pekerja atau calon pekerja yaitu, pertama, pemeriksaan riwayat kesehatan yang meliputi keluhan dan riwayat penyakit yang dialami pasien. Kedua, pemeriksaan tanda vital yang meliputi pemeriksaan frekuensi denyut jantung, frekuensi pernapasan, suhu tubuh, dan tekanan darah pasien. Ketiga pemeriksaan fisik yang meliputi menimbang berat badan, mengukur tinggi badan, dan biasa dilakukan pemeriksaan terhadap kepala dan leher, paru-paru, jantung, perut, kulit, dan saraf. Keempat, pemeriksaan laboratorium yang dilakukan dengan mengambil sample darah dan urine. Kelima, tes buta warna.