Inovasi Kolaboratif PKBI Daerah Jawa Timur: Refleksi Program untuk Menguatkan Kemitraan dengan Sub Mitra, Stakeholder, dan Penerima Manfaat

Blitar, 23 Juni 2023 – Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Daerah Jawa Timur mengadakan kegiatan refleksi program yang bertujuan untuk memperkuat kemitraan dengan sub mitra, stakeholder, dan penerima manfaat. Acara ini merupakan inovasi kolaboratif yang diadakan dengan tujuan mengoptimalkan program-program Inklusi PKBI Daerah Jawa Timur tersebut.

Refleksi program ini dihadiri oleh berbagai pihak yang pernah terlibat dalam program PKBI Daerah Jawa Timur, termasuk sub mitra dan stakeholder seperti LPKA Kelas 1 Blitar, UNISBA, DP3AP2KB Kota dan Kabupaten Blitar, Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Blitar, GRANAT Kota Blitar, Aisyiyah Kota Blitar,Santo Yosef Blitar, dan Sapuan Blitar. 

Kegiatan refleksi program ini diinisiasi sebagai upaya PKBI Daerah Jawa Timur untuk melakukan evaluasi menyeluruh terhadap program-program yang telah dilaksanakan sebelumnya. Dalam diskusi dan sesi refleksi yang intens, sub mitra, stakeholder, dan penerima manfaat berbagi pengalaman, tantangan, dan saran untuk meningkatkan efektivitas program yang ada.

Salah satu hasil utama dari refleksi program ini adalah pemahaman yang lebih dalam mengenai peran masing-masing pihak dalam mencapai tujuan bersama. Sub mitra menyampaikan pengalaman dan masukan mengenai implementasi program di lapangan, sementara stakeholder memberikan perspektif kebijakan dan dukungan yang dibutuhkan untuk memperkuat pelaksanaan program. Penerima manfaat juga ikut berpartisipasi dengan memberikan masukan berharga mengenai pengalaman mereka dan harapan untuk peningkatan kualitas layanan.

Selain itu, juga disusunnya rencana mengenai pelaksanaan Hari Anak Nasional 2023 yang akan dilaksanakan di LPKA Kelas 1 Blitar. Perencanaan juga didasarkan pada pendapat dan keinginan Anak Binaan Di LPKA Kelas 1 Blitar serta menampilkan hasil karya Anak-anak binaan selama mengikuti pelatihan keterampilan minat dan bakat yang telah dilakukan secara rutin. Namun juga disesuaikan dengan tema nasional HAN 2023 yakni ‘Anak Terlindungi, Indonesia Maju”dengan Tagline #BeraniKarenaPeduli : Anak menjadi agen perubahan dalam menyuarakan hak-haknya’.

Refleksi program ini juga menjadi platform untuk membangun sinergi antara semua pihak yang terlibat. Kolaborasi yang erat antara PKBI Daerah Jawa Timur, sub mitra, stakeholder, dan penerima manfaat menjadi kunci untuk mencapai hasil yang lebih baik dalam upaya pemenuhan Hak-hak ABH di LPKA Kelas 1 Blitar.

“Dalam melaksanakan program-program Inklusi, kerjasama dan komunikasi yang baik dengan sub mitra, stakeholder, dan penerima manfaat sangat penting. Melalui kegiatan refleksi ini, kami berharap dapat memperkuat kemitraan dan memperbaiki program-program yang ada, sehingga manfaat yang kami berikan dapat lebih maksimal,” kata Nafila Ikrima, Program Officer Inklusi PKBI Daerah Jawa Timur

PKBI Daerah Jawa Timur berkomitmen untuk terus mengadakan kegiatan refleksi program ini secara berkala guna memastikan peningkatan yang berkelanjutan dalam pelaksanaan program-program Inklusi dengan melibatkan sub mitra, stakeholder, dan penerima manfaat.

#PKBIJATIM #inklusi #AnakBerhadapanDenganHukum(ABH) #ForumAnakLPKAKelas1Blitar #RefleksiProgramInklusi

Kontak:

Hotline PKBI Daerah Jawa Timur

Nomor telepon: +62 823-2360-2830

Email : pkbijatim@pkbi.or.id

Alamat : PKBI Daerah Jawa Timur, Jl. Indragiri No. 24, Surabaya