Adakan Pelatihan Membatik Ciprat Bersama Rumah Kinasih Blitar, PKBI Daerah Jawa Timur Membuka Peluang Baru Bagi Anak Berhadapan Dengan Hukum di LPKA Kelas 1 Blitar

Kegiatan Pelatihan Membatik Ciprat ABH di LPKA Kelas 1 Blitar

Selasa 27 Juni 2023, Program INKLUSI PKBI Daerah Jawa Timur melaksanakan Pelatihan Minat Bakat Membatik Ciprat pada Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH) di LPKA Kelas 1 Blitar. Kemudian PKBI Jawa Timur bekerjasama dengan Rumah Kinasih Blitar untuk mewujudkan Inklusi sosial pada anak Berhadapan Hukum (ABH). Pelatihan diberikan kepada 15 ABH, diantaranya 1 ABH Disabilitas dan 1 ABH Perempuan. ABH mendapatkan kesempatan baru untuk mengekspresikan diri dan mengembangkan keterampilan seni mereka melalui pelatihan membatik ciprat. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan wawasan baru kepada ABH, memberikan mereka kesempatan untuk menggali bakat seni mereka, dan memperluas keterampilan mereka. Pelatihan ini didesain khusus untuk memberikan keterampilan baru kepada mereka dan membantu mempersiapkan mereka untuk memasuki dunia pekerjaan setelah mereka bebas kelak.

Proses pembuatan dan pewarnaan pola oleh ABH di LPKA Kelas 1 Blitar

Kegiatan tersebut berlangsung selama satu hari penuh yang berlokasi LPKA Kelas I Blitar. Kegiatan ini dihadiri oleh petugas LPKA Kelas I Blitar dan pelatih membatik dari Rumah Kinasih Blitar. Selama pelatihan, anak binaan akan diajari oleh instruktur berpengalaman yang memahami teknik membatik ciprat dengan baik. Mereka akan memperoleh pemahaman mendalam tentang berbagai motif dan desain yang dapat diaplikasikan dalam batik ciprat mereka. 

Kain batik yang diberi pola “ciprat” oleh ABH di LPKA Kelas 1 Blitar

Kegiatan pelatihan dimulai dengan menggambar pola di atas kain, lalu dilakukan proses pewarnaan setiap pola, dijemur, dan ditimpa kembali dengan warna, lalu dikunci warnanya menggunakan waterglass supaya tidak luntur, kemudian direbus untuk menghilangkan malam, dijemur, disetrika dan setelahnya kain batik siap dipakai. Pelatihan ini juga akan memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk mengeksplorasi kreativitas mereka sendiri dan mengembangkan gaya unik mereka dalam membatik. Dalam proses membatik, anak-anak akan belajar tentang kesabaran, ketekunan, dan kecermatan dalam setiap langkah proses membatik. Keterampilan ini dapat memberikan landasan yang kuat bagi mereka untuk mencapai kesuksesan di masa depan.

Proses penguncian warna menggunakan waterglass supaya tidak luntur

Bapak Sugeng, Kepala Sub Bagian Pendidikan LPKA Kelas 1 Blitar, menyampaikan, “Pelatihan membatik ciprat ini merupakan salah satu upaya untuk memberikan pengalaman positif kepada anak-anak yang berada dalam lingkungan LPKA Kelas 1 Blitar. Kami berharap melalui seni dan keterampilan yang mereka pelajari, anak-anak ini akan mampu menemukan kekuatan dalam diri mereka dan melihat masa depan yang lebih baik.”

Proses pencucian dan perebusan batik ciprat karya ABH LPKA Kelas 1 Blitar

Demikian, pelatihan membatik ciprat ini menjadi bukti nyata bahwa seni memiliki kekuatan yang besar dalam mengubah hidup seseorang dan memberikan harapan baru di tengah tantangan yang dihadapi. Anak-anak di LPKA Kelas 1 Blitar kini memiliki peluang baru untuk mengukir masa depan yang lebih baik melalui seni membatik ciprat yang indah.

Kontak:

Hotline PKBI Daerah Jawa Timur

Nomor telepon: +62 823-2360-2830

Email : pkbijatim@pkbi.or.id

Alamat : PKBI Daerah Jawa Timur, Jl. Indragiri No. 24, Surabaya