Jaringan CSO Peduli ABH Program Inklusi PKBI Menggelar Rangkaian Acara Hari Anak Nasional 2023 di LPKA Kelas 1 Blitar

Blitar, 21 Juli 2023 – Jaringan CSO (Community social organization) Peduli ABH, sebuah forum yang terbentuk sebagai upaya pemenuhan hak-hak anak berhadapan dengan hukum di LPKA Kelas 1 Blitar dalam Program Inklusi PKBI melalui PKBI Daerah Jawa Timur mengadakan rangkaian acara Hari Anak Nasional dengan tema “Anak Terlindungi, Indonesia Maju” yang diselenggarakan selama 2 hari yakni 20-21 Juli 2023 di LPKA Kelas 1 Blitar. Rangkaian acara di tanggal 20 Juli yakni perlombaan olahraga meliputi voli, catur, tenis meja, dan kegiatan outbound. Kemudian dilanjutkan Puncak Acara Hari Anak Nasional (HAN) di tanggal 21 Juli 2023. Rangkaian kegiatan HAN 2023 diadakan dengan tujuan pemenuhan hak anak khususnya anak berhadapan dengan hukum di LPKA Kelas 1 Blitar. Diadakannya HAN di LPKA Kelas 1 Blitar adalah untuk menggugah setiap individu, orang tua, keluarga, pendidik, masyarakat, dunia usaha, media, pemerintah dan semua pihak akan pentingnya peran, tugas dan kewajiban masing masing dalam memenuhi hak dan melindungi anak-anak kita

Nafila Ikrima, Project Officer Inklusi PKBI Daerah Jawa Timur sekaligus Ketua panitia penyelenggara dari HAN 2023 di LPKA mengungkapkan “Dengan diselenggarakannya Rangkaian Acara Hari Anak Nasional 2023 diharapkan dapat menjadi kebahagiaan untuk adik-adik binaan di LPKA Kelas 1 Blitar dan menjadi ruang aspirasi untuk mereka”.

Jaringan CSO Peduli ABH terdiri dari PKBI Daerah Jawa Timur, LPKA Kelas 1 Blitar, Dinas Pendidikan Wilayah Blitar, DP3AP2KB Kota Blitar, DP3AP2KB Kabupaten Blitar, Forum Anak Bumi Bung Karno Kota Blitar, Forum Anak Kabupaten Blitar, UNISBA, UNU Blitar, GRANAT Kota Blitar, Aisyiyah Kabupaten dan Kota Blitar, Santo Yosef Blitar, Sapuan Blitar, LDK Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota dan Kabupaten Blitar, dan Fatayat NU Kota dan Kabupaten Blitar. Mitra-mitra yang tergabung dalam Jaringan CSO Peduli ABH memiliki satu tujuan yang sama yakni pemenuhan hak-hak anak berhadapan dengan hukum, khususnya di LPKA Kelas 1 Blitar untuk wilayah Jawa Timur. Selain itu Rangkaian Kegiatan Hari Anak Nasional 2023 juga disupport oleh UNICEF, Wepose, Rumah Kinasih, Sanggar Anak Negeri, dan Blitar Terkini.

Salah satunya Mitra dari Jaringan CSO Peduli ABH dari Paroki Santo Yosef Blitar, Ibu Sisilia Yulianti, mengutarakan tujuan dari keterlibatan organisasinya, “Kami sebagai umat Katolik dan Kristiani pada umumnya, kita peduli pada semua orang yang memerlukan bantuan, yang terasing, nah adik-adik ABH yang bisa kita kategorikan sebagai anak-anak yang butuh perhatian dan kasih sayang. Kita tidak melihat agama apapun tapi mereka merupakan anak-anak yang membutuhkan kami. Harapannya dengan kita mengadakan kegiatan Hari Anak Nasional tahun 2023 ini anak-anak ABH bisa terobati melalui kegiatan hari ini, bersenang-senang, dan semoga suatu hari nanti keterampilan yang mereka pelajari selama di LPKA Kelas 1 Blitar ini bisa mereka terapkan saat mereka sudah keluar”.

Lomba Voli   ABH LPKA Kelas 1 Blitar bersama Petugas LPKA Kelas 1 Blitar

Dalam rangkaian kegiatan HAN di tanggal 20 Juli 2023, perlombaan olahraga didampingi oleh petugas LPKA Kelas 1 Blitar dengan peserta lomba terdiri dari Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH) LPKA Kelas 1 Blitar, Forum Anak Bumi Bung Karno Kota Blitar, Forum Anak Kabupaten Blitar, SMP Muhammadiyah 1 Blitar dan SMA YP Blitar. Kemudian diselenggarakan juga kegiatan outbound yang difasilitatori oleh Aisyiyah Kabupaten Blitar dan Hizbul Wathan Kabupaten Blitar. Perlombaan olahraga dan kegiatan outbound ini diselenggarakan untuk memenuhi hak rekreasi yang dimiliki ABH sekaligus melibatkan mereka dalam interaksi dengan anak-anak di luar LPKA Kelas 1 Blitar. Diharapkan adanya lomba dan outbound di sponsori hadiahnya oleh berbagai mitra, yakni DPRD Kota Blitar, perlombaan dan outbound dapat meningkatkan semangat dan motivasi ABH di LPKA Kelas 1 Blitar untuk menyongsong masa depan dan mengikuti pembinaan dengan baik.

Walikota Blitar melihat pameran karya ABH LPKA Kelas 1 Blitar

Puncak Hari Anak Nasional 2023 yang diselenggarakan di hari selanjutnya yakni 21 Juli 2023, dengan dihadiri oleh Kepala Kanwil Kemenkumham, Kemenag yang diwakili oleh Aisyiyah Kabupaten Blitar, Dinas Kesehatan Kota Blitar, Dinas Pendidikan Cabang wilayah Blitar, BAPAS Kediri, RAN BNN, DPA3AK Provinsi Jatim, DP3AP2KB Kota Blitar, UNISBA, Rumah Kinasih, Forum Anak Bumi Bung Karno Kota Blitar, Forum Anak Kabupaten Blitar, LDK Pimpinan Muhammadiyah, UIN Tulungagung, UNU Blitar, Santo Yosef, GRANAT Kota Blitar dan mitra lainnya. Puncak Acara dibuka dengan Penampilan Hadroh oleh ABH LPKA Kelas 1 Blitar sekaligus menyambut kedatangan Walikota Blitar. Walikota Blitar, Bapak Drs. H. Santoso, M.Pd. mengunjungi ruang pameran karya ABH yang memamerkan photovoice hasil jepretan ABH, Lukisan, dan Batik Ciprat hasil dari pelatihan dan kelas rutin minat bakat semenjak tahun 2022. Terdapat satu photovoice yang memiliki makna mendalam menurut walikota Blitar, yang berjudul “Lapuk” dengan filosofis mendalam mengenai pesan untuk tidak menyiakan masa muda dan ajakan untuk bekerja keras.

Sambutan Direktur Eksekutif PKBI Daerah Jawa Timur oleh Zahrotul Ulya, S.Kep. M.M

Sambutan pertama diberikan oleh Direktur Eksekutif PKBI Daerah Jawa Timur oleh Zahrotul Ulya, S.Kep. M.M., menyampaikan “Tahun ini HAN 2023 penyelenggaraanya dilakukan dengan aksi kolektif  bersama jaringan CSO Peduli ABH, hari ini akan ada pertunjukan yang akan ditampilkan oleh anak-anak berhadapan dengan hukum di LPKA Kelas 1 Blitar. Harapan kami ceremonial ini hanya menjadi simbol, kami berharap aksi kolektif ini tidak hanya  berasal dari CSO Peduli ABH untuk kedepannya namun dari semua bapak ibu yang hadir. Semoga anak-anak disini bisa semangat dalam mengikuti kegiatan pelatihan yang dilakukan di LPKA Kelas 1 Blitar”

Sambutan kedua diberikan oleh Kepala Kantor Wilayah KEMENKUMHAM Provinsi Jawa Timur, Drs. Imam Jauhari, M.H

Sambutan kedua diberikan oleh Kepala Kantor Wilayah KEMENKUMHAM Provinsi Jawa Timur, Drs. Imam Jauhari, M.H., menyampaikan “Selamat hari anak nasional yang diharapkan kita bisa terus berkomitmen untuk memberdayakan dan membimbing anak anak yang berhadapan dengan hukum. Tema HAN 2023 ‘Anak Terlindungi, Indonesia Maju’ merupakan tema yang tepat karena bahwasanya anak anak disini tidak boleh tertinggal maka harus berkembang. Semoga dengan adanya peringatan hari ini anak-anak bisa memiliki potensi diri agar kelak jika sudah keluar bisa bersaing dengan anak-anak lainnya”

Sambutan oleh Walikota Blitar, Drs. H. Santoso, M.Pd

Sambutan ketiga diberikan oleh Walikota Blitar, Drs. H. Santoso, M.Pd., menyampaikan “Pemerintah Kota Blitar bekerjasama dengan pihak LPKA Kelas I Blitar untuk menangani adanya anak anak yang berada disini. Beberapa bulan yang lalu kita berkolaborasi dengan Kecamatan Sananwetan, KEMENAG, Dinas Koperasi, Kodim dan Polres untuk memberikan motivasi untuk anak anak. Anda ini (ABH) sebagai generasi penerus bangsa, seperti saya akan pensiun dan menjadi masyarakat biasa dan anda yang akan menggantikan kami memimpin negeri dengan kunci sadar bahwa hal yang kemaren dilakukan adalah kesalahan. Yang lalu biarlah berlalu kedepan adalah masa depan”.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan karya Batik Ciprat ABH sebagai cinderamata kepada Direktur Eksekutif PKBI Daerah Jawa Timur, Kepala Kantor Wilayah KEMENKUMHAM Provinsi Jawa Timur, Drs. Imam Jauhari, M.H., dan Walikota Blitar, Drs. H. Santoso, M.Pd., sebagai bentuk penyambutan dan acara HAN 2023 di LPKA Kelas 1 Blitar dibuka secara resmi oleh Walikota Blitar Drs. H. Santoso, M.Pd.

Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan Penampilan jingle “Three End” dan jingle “Forum Anak Nasional” oleh Forum Anak Bumi Bung Karno Kota Blitar dan Forum Anak Kabupaten Blitar yang memiliki arti penolakan kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Penampilan Band sekaligus musikalisasi puisi ABH LPKA Kelas 1 Blitar

Rangkaian acara HAN 2023 selanjutnya adalah Penampilan Band sekaligus musikalisasi puisi yang bermaksud menyampaikan isi hati ABH untuk tidak dipandang dengan hina dan diberikan kesempatan yang sama dengan anak-anak lainnya oleh masyarakat. Dilanjutkan dengan Pembacaan deklarasi anti kekerasan sebagai komitmen bersama untuk menolak adanya kekerasan dalam bentuk apapun oleh Forum Anak Provinsi Jawa Timur bersama para hadirin.

Penampilan teater dengan judul “ Kami Ingin Berubah “ ABH LPKA Kelas 1 Bitar

Kegiatan selanjutnya dalam rangkaian acara Hari Anak Nasional 2023 di LPKA KElas 1 Blitar dilanjutkan dengan Penampilan teater dengan judul “ Kami Ingin Berubah “ yang dilatih langsung dari SAPUAN Blitar. Dalam teater tersebut menceritakan tentang kenakalan remaja yang dilakukan mengakibatkan mereka berhadapan dengan hukum, atas kejadian tersebut mereka menyatakan menyesal dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi.

Demikian rangkaian acara HAN 2023 di LPKA Kelas 1 Blitar ditutup dengan pemberian hadiah dari perlombaan olahraga (catur, voli, dan tenis meja) dan outbound yang dilaksanakan di hari sebelumnya yakni 20 Juli 2023 kepada ABH LPKA Kelas 1 Blitar, Forum Anak Bumi Bung Karno Kota Blitar, Forum Anak Kabupaten Blitar, SMP Muhammadiyah 1 Blitar, dan SMA YP Blitar.

Besar harapan bagi mitra-mitra yang tergabung dalam Jaringan CSO Peduli ABH Program Inklusi melalui PKBI untuk dapat memenuhi hak-hak ABH dan merubah pandangan masyarakat kepada ABH serta mendukung proses reintegrasi ABH ke masyarakat setelah masa pembinaannya di LPKA Kelas 1 Blitar sudah selesai.

Kontak:
Hotline PKBI Daerah Jawa Timur
Nomor telepon: +62 823-2360-2830
Email : pkbijatim@pkbi.or.id
Alamat : PKBI Daerah Jawa Timur, Jl. Indragiri No. 24, Surabaya