Program Inklusi PKBI Jatim Menggelar Pelatihan Barbershop Membuka Harapan Baru Bagi Anak Berhadapan Dengan Hukum di LPKA Kelas 1 Blitar

Rabu, 30 Agustus 2023, Program INKLUSI PKBI Daerah Jawa Timur melaksanakan Pelatihan Minat Bakat Barbershop pada Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH) di LPKA Kelas 1 Blitar. Dalam kegiatan ini PKBI Jawa Timur bekerjasama dengan LPK Andika Blitar untuk mewujudkan Inklusi sosial pada anak Berhadapan Hukum (ABH). Pelatihan diberikan kepada 15 ABH. Tujuan utama dari pelatihan ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada ABH untuk mengembangkan keterampilan baru yang dapat memberi mereka landasan yang kuat untuk memasuki dunia pekerjaan setelah masa binaan mereka selesai.

Kegiatan tersebut berlangsung selama beberapa jam yang berlokasi LPKA Kelas I Blitar. Kegiatan ini dihadiri oleh petugas LPKA Kelas I Blitar dan pelatih barbershop dari LPK Andika Blitar. Selama pelatihan, anak binaan akan diajari oleh instruktur berpengalaman yang memahami teknik memotong dengan baik. ABH akan diberikan pemahaman dan teknik memotong rambut yang bagus.

Kegiatan pelatihan dimulai dengan pelatih memberikan penjelasan mengenai alat-alat yang digunakan dalam proses memotong rambut dan memperagakan cara penggunaannya dan diikuti oleh ABH. Setelah ABH paham cara penggunaan alat-alat tersebut, pelatih kemudian memperagakan cara memotong rambut pada model di depan kelas. Setelahnya ada sesi tanya jawab apabila ada yang masih belum dipahami oleh ABH yang hadir.

Bu Endy Purwantiningsih, Pimpinan LPK Andika Blitar mengatakan “Anak-anak sangat antusias dan cepat menerima materi yang diberikan. Minat bidang seni adalah modal penting dalam keterampilan potong rambut dan anak-anak lumayan terampil dalam mengaplikasikan alat-alat serta menentukan model potongan rambut. semoga pelatihan ini bisa bermanfaat untuk anak-anak di masa depan.”

Selama pelatihan, ABH sangat luwes dan cepat tanggap dalam memahami dan menggunakan alat-alat untuk memotong rambut tersebut. ABH juga langsung praktek dengan saling memotong rambut sesama temannya pada saat pelatihan hari ini. ABH sangat antusias dengan pelatihan Barbershop.

Salah satu ABH LPKA Kelas 1 Blitar mengatakan “Saya sangat senang mengikuti pelatihan barbershop ini dan berminat untuk menekuni bidang tersebut kelak saat sudah selesai masa binaan. Semoga pelatihan barbershop bisa diadakan lagi.”

Diharapkan bahwa pelatihan Barbershop ini akan menjadi tonggak baru dalam upaya reintegrasi dan inklusi ABH di LPKA Kelas 1 Blitar. Dengan dukungan dari berbagai pihak, diharapkan bahwa ABH yang mengikuti pelatihan ini dapat mengambil langkah positif menuju transformasi diri dan kesuksesan masa depan.

Kontak:

Hotline PKBI Daerah Jawa Timur
Nomor telepon: +62 823-2360-2830
Email : pkbijatim@pkbi.or.id
Alamat : PKBI Daerah Jawa Timur, Jl. Indragiri No. 24, Surabaya