Program Inklusi PKBI JATIM dan Dinas Ketahanan Pangan Dan Pertanian Kota Blitar Berkolaborasi untuk Pemanfaatan Pekarangan dan Mewujudkan Kemandirian Pangan: Menggelar Pelatihan Menanam Bagi Anak Berhadapan Dengan Hukum di LPKA Kelas 1 Blitar

Jumat, 27 Oktober 2023, Program INKLUSI PKBI Daerah Jawa Timur Menggelar Pelatihan Minat Bakat Menanam bagi Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH) di LPKA Kelas 1 Blitar. Dalam kegiatan ini PKBI Jawa Timur bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan Dan Pertanian Kota Blitar untuk mewujudkan Inklusi sosial pada anak Berhadapan Hukum (ABH). Pelatihan diberikan kepada 15 ABH di LPKA Kelas 1 Blitar. Tujuan utama dari pelatihan ini adalah memberikan bekal pemanfaatan pekarangan untuk kemandirian pangan kepada Anak binaan LPKA Kelas 1 Blitar.

Dinas Ketahanan Pangan Dan Pertanian Kota Blitar telah menunjukkan kepedulian dan komitmennya kepada ABH. Kegiatan tersebut telah berlangsung rutin setiap Hari Jumat pada pagi hari untuk menghindari cuaca terik selama bulan Oktober pada tanggal 6, 20 dan 27 Oktober 2023 yang berlokasi LPKA Kelas I Blitar. Selama pelatihan, anak binaan mendapat pembekalan dan ilmu oleh instruktur dari Dinas Ketahanan Pangan Dan Pertanian Kota Blitar mengenai cara pemanfaatan pekarangan dengan tanaman yang dapat dikonsumsi. ABH akan diberikan pemahaman dan teknik menanam dan merawat tanaman agar dapat dikonsumsi ketika panen dan memenuhi gizi dan serat bagi ABH. 

Kegiatan pelatihan dimulai pada tanggal 6 Oktober 2023, dengan proses awal melakukan penggemburan tanah agar layak untuk ditanami oleh bibit tumbuhan yang sudah disediakan oleh Dinas Ketahanan Pangan Dan Pertanian Kota Blitar. Selanjutnya adalah pemupukan penanaman bibit dan pemeliharaan tanaman sawi yang dapat dipanen dalam waktu satu bulan. Di Sela-sela kegiatan pelatihan dilakukan pula tanya jawab apabila ada yang masih belum dipahami oleh ABH yang hadir. 

Melihat antusiasme ABH dalam menjalani ipelatihan, Drh. Dewi Masitoh M. Agr., Kepala Dinas Ketahanan Pangan Dan Pertanian Kota Blitar mengatakan akan melakukan program keberlanjutan untuk anak binaan di LPKA Kelas 1 Blitar Dinas Dinas Ketahanan Pangan Dan Pertanian Kota Blitar juga memberikan bantuan 300 benih sawi dan 20 karung pupuk organik.

Dalam jadwal pelatihan selanjutnya, 20 Oktober 2023 dilakukan monitoring perawatan sawi. Ulat-ulat yang ada di sawi dihilangkan secara manual oleh ABH menggunakan tangan, tanpa disemprot dengan pembasmi hama. Tanaman sawi tersebut akhirnya dapat dipanen hari ini, 27 Oktober 2023. Hasil dari panen sawi organik tersebut akan dikonsumsi oleh ABH di LPKA Kelas 1 Blitar. Sebagian juga dilakukan pengemasan sawi organik yang telah dipanen untuk meningkatkan nilai jual. Maka diharapkan ABH mendapatkan pembelajaran mengenai memproduksi dan menjual produk yang dapat dilakukan secara mandiri apabila telah tiba masanya mereka untuk bekerja.

Proses pelatihan ini tidak hanya berhenti sampai hari ini karena melihat antusiasme Anak-anak binaan maka PKBI Daerah Jawa Timur melalui Program Inklusi memberikan fasilitas berupa 300 bibit tanaman lombok, 300 bibit tanaman sawi, dan 20 karung pupuk organik. Pada hari ini pula dilakukan pembuatan bedengan kembali untuk penanaman bibit baru tersebut.

Salah satu ABH LPKA Kelas 1 Blitar sangat menikmati proses kegiatan menanam di LPKA Kelas 1 Blitar, menurutnya kegiatan tersebut sangat efektif dilakukannya setiap hari untuk mengisi waktu selama berada di LPKA Kelas 1 Blitar serta mendapatkan ilmu tentang teknik menanam yang baik sehingga bisa dipraktekkan saat sudah kembali pulang. Ia mengatakan “Saya ingin punya usaha kuliner yang bahan sayurannya dari proses menanam sendiri”

Diharapkan bahwa pelatihan Barbershop ini akan menjadi tonggak baru dalam upaya reintegrasi dan inklusi ABH di LPKA Kelas 1 Blitar. Dengan dukungan dari berbagai pihak, diharapkan bahwa ABH yang mengikuti pelatihan ini dapat mengambil langkah positif menuju transformasi diri dan kesuksesan masa depan.

Kontak:

Hotline PKBI Daerah Jawa Timur
Nomor telepon: +62 823-2360-2830
Email : pkbijatim@pkbi.or.id
Alamat : PKBI Daerah Jawa Timur, Jl. Indragiri No. 24, Surabaya