Gelar Pemutaran Film dan Perlombaan Poster Bertema Sejarah Kota Blitar, Program Inklusi PKBI JATIM Berikan Ruang Aspirasi dan Partisipasi Bagi ABH di LPKA Kelas 1 Blitar Guna Meningkatkan Wawasan Sejarah

Pesan moral yang dapat diambil dari sejarah ikan mujair tersebut adalah Kegigihan dan Ketekunan dalam perjalanan bolak-balik membawa Ikan Mujair dari laut ke Desa Papungan, Blitar hingga bisa dibudidayakan menjadi ikan air tawar yang dapat dikonsumsi oleh masyarakat luas. Kegigihan dan ketekunan Mbah Moedjaer dapat menjadi panutan bagi generasi muda, khususnya ABH di LPKA Kelas 1 Blitar dalam berjuang menjalani masa binaan dan kelak bisa menjadi individu yang manfaat bagi masyarakat.

Selama review film, Pak Yanu terlibat diskusi seru dengan ABH di LPKA Kelas 1 Blitar. ABH sangat antusias dengan film yang diputar. Salah satu ABH inisial R bertanya, “ Apa perbedaan ikan Nila dan Mujair, pak?”. Pertanyaan tersebut dijawab oleh Pak Yanu bahwa “Ikan Nila dan Mujair sama-sama dari Afrika, terdapat perbedaan nama dan cara masuknya ikan tersebut ke Indonesia. Kemudian tubuh Ikan Nila melebar dan ada corak belang di ekornya, sedangkan Ikan Mujair, terdapat totol-totol di tubuh dan memanjang dengan ekor polos. Jadi kalau nanti beli Ikan bakar, bisa dilihat ya bedanya, tetap kelihatan meskipun sudah dibumbui dan dibakar”

Rangkaian kegiatan selanjutnya adalah pemaparan dan pameran poster dengan tema sejarah karya ABH selama mengikuti kelas minat bakat menggambar dan melukis yang dipandu oleh Uky Tantra dari Sanggar Seni Kreasi Anak Negeri Kota Blitar. Terdapat 8 poster bertema sejarah yang ditampilkan dan diapresiasi oleh seluruh peserta, narasumber, dan petugas LPKA Kelas 1 Blitar yang hadir dalam kegiatan tersebut. 

Blitar, 4 Desember 2023
Program Inklusi PKBI JATIM bersama dengan LPKA Kelas 1 Blitar menggelar pertemuan dengan mengundan sejarawan Kota Blitar demi meningkatkan wawasan sejarah 77 ABH di LPKA Kelas 1 Blitar.
Kepala LPKA Kelas 1 Blitar, Bapak Giyono, Amd. IP., S.H., M. Menyampaikan Saya senang sekali dan welcome atas kegiatan untuk anak binaan LPKA Kelas 1 Blitar yang membawa manfaat, Hari ini akan diadakan review film ikan mujair ya dan penampilan poster sejarah. Semoga bisa bermanfaat ya bagi anak-anak binaan kami”. Kegiatan dimulai dengan pemutaran film Sejarah mengenai Ikan Mujair. Setelah pemutaran film sejarah usai, Tokoh Sejarawan Blitar, Pak Yanu Aribowo, Amd. dari Radar Tulungagung Jawa Pos menyampaikan review singkat terkait film tersebut. Penamaan Ikan Mujair diberikan sebagai penghormatan bagi pahlawan lokal bernama Mbah Moedjair yang menemukan dan membudidayakan ikan tersebut pertama kali  di desa Papungan, Blitar, Jawa Timur. Ikan Mujair menjadi pemenuhan gizi yang murah meriah dan lezat bagi masyarakat khususnya di Kabupaten-Kota Blitar saat masa penjajahan Jepang. 

Kemudian dipilih 3 poster terbaik oleh ABH LPKA Kelas 1 Blitar.  Poster terbaik pertama mengenai peristiwa bersejarah perobekan bendera di Hotel Majapahit di Surabaya, Oleh ABH berinisial AM. Poster kedua oleh ABH berinisial AW mengenai Prajurit Kopasus Suparlan yang rela mengorbankan nyawanya di Perang Timor Leste. Poster ketiga, oleh ABH berinisial AG, bercerita mengenai perjuangan Bung Tomo di perjuangan mempertahankan Kota Surabaya dari penjajah.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan wawasan sejarah ABH di LPKA Kelas 1 Blitar terbentuk dan meningkatkan jiwa patriotisme dan nasionalisme mereka.

#Anakberhadapandenganhukum #PKBIJATIM #programinklusi #inklusiuntuksemua #sejarah #wawasan #seni #melukis #menggambar

Kontak:
Hotline PKBI Daerah Jawa Timur
Nomor telepon: +62 823-2360-2830
Email : pkbijatim@pkbi.or.id
Alamat : PKBI Daerah Jawa Timur, Jl. Indragiri No. 24, Surabaya