Melalui Program Inklusi PKBI JATIM, Forum Anak Provinsi JATIM Berikan Peningkatan Kapasitas Bagi ABH di LPKA Kelas 1 Blitar Untuk Meningkatkan Partisipasi ABH di Publik

Blitar, 4 Desember 2023
Program Inklusi PKBI JATIM bersama dengan DP3AK Provinsi JATIM, DP3AP2KB Kota dan Kabupaten Blitar serta LPKA Kelas 1 Blitar kembali menggelar pertemuan penting yang bertujuan untuk mendorong partisipasi ABH dalam publik di LPKA Kelas 1 Blitar. PKBI JATIM bekerjasama dengan Forum Anak (FA) Provinsi JATIM untuk memberikan peningkatan kapasitas bagi 70 ABH. Kegiatan juga dihadiri oleh 16 orang perwakilan dari Forum Anak Kota dan Kabupaten Blitar.

Kegiatan dibuka dengan penampilan band ABH LPKA Kelas 1 Blitar yang menyanyikan 2 lagu berjudul “Tak Ingin Usai” dan “Sanes “ serta 2 lagu terakhir “Joko Tingkir Ngombe Dawet” berduet dengan Pak Giyono selaku Kepala LPKA Kelas 1 Blitar dan Petugas LPKA Kelas 1 Blitar, sebagai hasil dari kelas minat bakat musik yang rutin dilakukan selama tahun 2023 melalui Program Inklusi PKBI JATIM dan Mitra CSO Peduli ABH

Previous slide
Next slide

Kepala LPKA Kelas 1 Blitar, Bapak Giyono, Amd. IP., S.H., M. Menyampaikan “Saya senang sekali mudah-mudahan, apapun kegiatan yang sifatnya untuk anak-anak, khususnya ABH di LPKA Kelas 1 Blitar, saya welcome dan membuka pintu selebar-lebarnya”. Beliau sangat mendukung adanya kegiatan yang melibatkan ABH LPKA Kelas 1 Blitar dengan anak-anak dari perwakilan Forum Anak Kota dan Kabupaten Blitar yang dapat membantu untuk menambah ilmu, meningkatkan kemampuan bersosialisasi bagi ABH dan memingkatkan kepercayaan diri ABH LPKA Kelas 1 Blitar.

Kegiatan peningkatan kapasitas dibuka dengan menyanyikan dan menarikan bersama Jingle Pelopor dan Pelapor Forum Anak, kemudian kegiatan dikemas dengan metode Lingkar Remaja yang dipelopori oleh UNICEF. Sebanyak 70 ABH kemudian dibagi menjadi 3 kelompok yang melingkar dan setiap lingkar remaja di fasilitatori 1 orang perwakilan dari FA Provinsi JATIM.

Setiap lingkar mengusung tema yang berbeda dan akan mewujudkan tujuan program Inklusi untuk memberikan kapasitas bagi remaja untuk mampu menyuarakan pendapatnya di hadapan publik.

Kelompok Lingkar Remaja 1 sampai 3 menyampaikan materi mengenai definisi anak, hak dasar anak, dan prinsip pemenuhan hak anak yang di fasilitatori oleh Nizha (19 tahun), Arum (18 tahun), Rofiul (19 tahun). ABH LPKA Kelas 1 Blitar terlibat secara aktif dan berbagi canda tawa dengan teman-teman dari Forum Anak Kota-Kabupaten Blitar. Kegiatan dilanjutkan dengan Pembacaan Deklarasi Hak Anak per kelompok Lingkar Remaja dan penulisan harapan masing-masing ABH. Melalui pertemuan ini, diharapkan ABH akan memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya komunikasi dalam ruang publik. Selama kegiatan ABH diajak untuk mengambil peran aktif dalam kegiatan diskusi, presentasi, dan berbagi pengalaman, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan diri, keterampilan berbicara di depan umum, serta mengembangkan kepekaan sosial mereka dengan berdiskusi bersama dengan Forum Anak Kota dan Kabupaten Blitar.

Kontak:
Hotline PKBI Daerah Jawa Timur
Nomor telepon: +62 823-2360-2830
Email : pkbijatim@pkbi.or.id
Alamat : PKBI Daerah Jawa Timur, Jl. Indragiri No. 24, Surabaya

#PerkumpulanKeluargaBerencanaIndonesia #PKBIJATIM #ProgramInklusi
#InklusiUntukSemua #AnakBerhadapanDenganHukum(ABH) #ForumAnak #INKLUSI
#INKLUSIPKBIJATIM