Peringati HUT PKBI ke-66, PKBI Jawa Timur Gelar Talkshow Meningkatkan Peran Remaja dalam Isu Kebencanaan Berkolaborasi dengan BPBD Provinsi Jawa Timur

Surabaya, 21 Desember 2023
Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Jawa Timur merayakan ulang tahun PKBI yang ke-66 dengan menggelar serangkaian acara, salah satunya adalah talkshow yang bertujuan meningkatkan peran remaja dalam isu kebencanaan di Jawa Timur.

Dalam upaya untuk terus berkontribusi dalam pembangunan masyarakat, PKBI Jawa Timur mengangkat tema penting mengenai kebencanaan. Melalui talkshow ini, PKBI berharap dapat membuka ruang diskusi yang konstruktif untuk meningkatkan kesadaran dan keterlibatan remaja dalam menghadapi tantangan kebencanaan yang mungkin dihadapi oleh wilayah Jawa Timur. 

Direktur Eksekutif Daerah PKBI Jawa Timur, Zahrotul Ulya, S.Kep., M.M. dalam sambutannya menyampaikan, “Peringatan HUT PKBI kali ini lebih difokuskan dengan menyelenggarakan talkshow dengan tema melibatkan remaja dalam isu kebencanaan. Harapannya ketika terjadi situasi siap siaga dan bencana, remaja bisa terlibat dalam proses pemberian layanan psikososial bagi korban terdampak sehingga kami mengundang remaja dari kalangan sekolah hingga perguruan tinggi. Selain itu dengan adanya talkshow ini, semoga hadirin bisa cepat tanggap dan mengetahui langkah apa yg harus dilakukan ketika terjadi situasi siap siaga maupun bencana. Akhir kata, Semoga kedepannya PKBI bisa mencapai visi untuk mewujudkan keluarga bertanggung jawab dan inklusif, inklusif artinya tidak membeda-bedakan semua kalangan dan dapat melayani seluruh individu tanpa membeda-bedakan. Dirgahayu PKBI!

Talkshow ini, dihadiri oleh relawan, staf, mitra, akademisi serta siswa dan mahasiswa di Kota Surabaya. Diskusi difasilitasi oleh para ahli di bidang kebencanaan dan perwakilan remaja yang sudah terkapasitasi terkait Pelatihan Paket Pelayanan Awal Minimum (PPAM). Salah satu narasumber dari BPBD Provinsi Jawa Timur, Ardha Kusuma Wardana, S.T., Seorang Analis Mitigasi Bencana. Beliau membahas tentang potensi risiko kebencanaan yang mungkin dihadapi Jawa Timur dan pentingnya peran remaja dalam mitigasi dan tanggap darurat. Narasumber kedua, Relawan remaja SeBAYA PKBI JATIM, M. Rizki Hermawan, membahas mengenai Keterlibatan Remaja Dalam Pemberian Paket Pelayanan Awal Minimum (PPAM) Dalam Situasi Kebencanaan.

Selain itu, talkshow ini juga memberikan relawan remaja, staf, dan akademisi ruang berbagi pengalaman, ide, dan inisiatif mereka dalam meningkatkan keterlibatan dalam upaya mitigasi bencana. Hal ini diharapkan dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi remaja lainnya untuk turut berkontribusi dalam membangun ketahanan masyarakat.

Peringatan HUT PKBI Ke-66 Tahun ini juga menampilkan tarian modern dan nyanyian oleh komunitas remaja, pemotongan tumpeng, kuis terkait kebencanaan, Mobil Edukasi Kebencanaan BPBD Provinsi Jawa Timur dan bertabur doorprize. Dengan terselenggaranya kegiatan peringatan HUT PKBI Ke-66 Tahun dan talkshow ini, PKBI Jawa Timur berharap dapat menciptakan momentum positif untuk meningkatkan peran remaja dalam menghadapi tantangan kebencanaan. Sebagai organisasi yang peduli terhadap pembangunan masyarakat, PKBI berkomitmen untuk mewujudkan keluarga bertanggung jawab dan inklusif, serta terus berperan aktif dalam membentuk generasi muda yang memiliki pemahaman, keterampilan, dan semangat untuk bersama-sama menghadapi berbagai resiko dan tantangan di masa depan.

Kontak:
Hotline PKBI Daerah Jawa Timur
Nomor telepon: +62 823-2360-2830
Email : pkbijatim@pkbi.or.id
Alamat : PKBI Daerah Jawa Timur, Jl. Indragiri No. 24, Surabaya