KANKER SERVIKS, PENYEBAB KEMATIAN TERTINGGI KE-2 DI INDONESIA! CEGAH & DETEKSI DINI DENGAN PAP SMEAR!

Menurut data dari Kementrian Kesehatan RI tahun 2023, Kanker serviks menjadi penyebab kematian tertinggi no 2 di Indonesia. Kanker leher rahim atau yang lebih dikenal dengan Kanker Serviks adalah kondisi dimana terdapat penumbuhan sel-sel ganas pada leher rahim/serviks yang tidak terkendali. Berdasarkan penyebabnya, sebanyak 90% dari pasien yang menderita kanker serviks disebabkan oleh inveksi HPV (Human Papilloma Virus) onkogenik yang presisten. Kanker ini bisa dideteksi dengan tes IVA, Pap Smear maupun tes DNA HPV.  Salah satu pemeriksaan paling mudah dan murah adalah dengan PAP Smear.

Pap smear, atau tes Pap, adalah pemeriksaan penting untuk mendeteksi dini kanker serviks dan kondisi pra-kanker lainnya. Meskipun pemeriksaan ini kerap diabaikan, penting bagi setiap wanita untuk menyadari manfaatnya dan melakukannya secara teratur. Dalam artikel ini, kami akan membahas mengapa Anda harus segera melakukan pemeriksaan Pap smear dan bagaimana hal itu dapat melindungi kesehatan Anda.

Prosedur sederhana Pap smear ialah  dimana sejumlah sel-sel diambil dari leher rahim dan kemudian dianalisis di laboratorium. Tes ini bertujuan untuk mendeteksi perubahan abnormal dalam sel-sel serviks yang bisa menunjukkan adanya kanker serviks atau kondisi pra-kanker.

Pentingnya Pap Smear 

  1. Deteksi Dini Kanker Serviks: Pap smear memungkinkan deteksi dini kanker serviks atau kondisi pra-kanker. Dengan mendeteksi perubahan sel sejak dini, langkah-langkah pencegahan dan pengobatan dapat segera dilakukan, meningkatkan peluang kesembuhan.
  1. Pencegahan Penyebaran Kanker: Pap smear juga membantu mencegah penyebaran kanker serviks ke organ lain. Dengan mendeteksi kanker serviks pada tahap awal, pengobatan yang tepat dapat dilakukan untuk mencegah penyebaran lebih lanjut.
  1. Mengurangi Komplikasi dan Efek Samping: Dengan mengidentifikasi kondisi pra-kanker atau kanker serviks pada tahap awal, Pap smear dapat membantu mengurangi risiko komplikasi dan efek samping yang terkait dengan pengobatan yang lebih agresif.
  1. Memberikan Rasa Aman dan Kepuasan: Melalui pap smear, Anda dapat memiliki pemahaman yang lebih baik tentang kesehatan reproduksi Anda. Tes ini memberikan rasa aman dan kepuasan karena Anda telah mengambil langkah-langkah proaktif untuk menjaga kesehatan Anda.

Siapa yang Perlu Melakukan Pap Smear?

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia merekomendasikan wanita untuk menjalani pap smear setelah berusia 21 tahun yang sudah berhubungan seksual. Pap smear dapat diulangi setiap 3 tahun atau sesuai dengan rekomendasi dokter, tergantung pada hasil tes sebelumnya dan faktor risiko individu.Selain itu, wanita dengan keluhan gatal maupun kemerahan di vagina, nyeri saat kencing maupun saat berhubungan seksual, mengalami ruam, lecet, luka, kutil,  benjolan maupun pembengkakan di vagina,  bau yang tidak biasa pada vagina, keputihan berlebihan, perubahan warna bau dan tekstur pada keputihan. Jika Anda telah menjalani vaksinasi HPV (Human Papillomavirus), Anda tetap perlu melakukan Pap smear karena vaksinasi tidak melindungi terhadap semua jenis HPV yang bisa menyebabkan kanker serviks.

Frekuensi Pap Smear yang Disarankan

Frekuensi pemeriksaan Pap smear dapat bervariasi tergantung pada usia dan riwayat kesehatan Anda. Secara umum, wanita sehat di bawah usia 30 tahun disarankan untuk melakukan Pap smear setiap tiga tahun sekali. Sedangkan wanita di atas usia 30 tahun yang juga telah melakukan uji HPV yang negatif, dapat melakukan Pap smear setiap lima tahun sekali.

Proses dan Kesiapan untuk Pap Smear

Proses Pap smear umumnya cepat dan sederhana. Dokter akan menggunakan alat khusus untuk mengambil sampel sel dari leher rahim Anda. Beberapa wanita mungkin merasa sedikit tidak nyaman atau mengalami sedikit pendarahan setelah tes, tetapi ini biasanya berlangsung singkat. Anda dapat mengurangi ketidaknyamanan dengan bersantai dan bernapas dalam-dalam selama prosedur.

Segera Jadwalkan Pap Smear Anda!

Melakukan Pap smear adalah langkah penting untuk menjaga kesehatan reproduksi Anda. Dengan deteksi dini, Anda dapat meningkatkan peluang kesembuhan dan menghindari komplikasi yang serius. Jangan menunda-nunda untuk membuat janji dengan dokter Anda sekarang juga! 

Klinik Utama PKBI JATIM menyediakan layanan pemeriksaan PAP Smear yang mudah dan cepat! Dapatkan Promo Bundling harga pemeriksaan Pap smear dan Konsultasi hasil dengan dokter dari harga Rp 277.000 menjadi Rp 200.000 hanya di Bulan Januari 2024. Hubungi Whatsapp Hotline PKBI JATIM (0823-2360-2830) untuk informasi lebih lanjut !

Referensi : Kemenkes, RI. 2023. https://upk.kemkes.go.id/