OKY: DARI PEREMPUAN UNTUK PEREMPUAN CAPAIAN LUAR BIASA DALAM EDUKASI MANAJEMEN KESEHATAN MENSTRUASI DI JAWA TIMUR

G1. Sebaya PKBI Jatim Sosialisasi pencegahan kekerasan dan MHM di SMP SMA Islam As’Shifta Surabaya

PKBI Jawa Timur, sebuah organisasi non-pemerintah yang berfokus pada edukasi hak kesehatan seksual reproduksi, telah berhasil mencapai progres signifikan dalam kemitraannya dengan UNICEF dalam program OKY untuk sosialisasi dan edukasi Menstrual Health Management pada Remaja. Program ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang komprehensif kepada siswa remaja di 10 wilayah di Jawa Timur (Surabaya, Pasuruan, Mojokerto, Gresik, Jombang, Jember, Kediri, Bojonegoro, Banyuwangi, dan Bondowoso) tentang menjaga kesehatan selama menstruasi serta memahami kondisi menstruasi mereka.

Aplikasi OKY di desain Bersama dengan remaja perempuan dan untuk remaja perempuan, serta selalu menjadikan kebutuhan mereka sebagai pusat perhatian, merupakan hal yang penting. Melalui desain yang berpusat pada pengguna, sesi co-creation, serta pengujian pengguna secara langsung maupun jarak jauh, UNICEF bekerja sama dengan remaja perempuan di Indonesia dan Mongolia – dua negara yang memiliki keragaman besar di kawasan ini – untuk mendapatkan wawasan mendalam tentang keinginan dan kebutuhan remaja perempuan serta kehidupan mereka secara online maupun offline.

Selama periode sosialisasi yang berlangsung pada bulan Mei-Juni di tahun 2024, PKBI Jawa Timur Bersama dengan 9 Cabang PKBI Jatim berhasil mengedukasi sebanyak 1558 siswa di seluruh Jawa Timur dari total 20 Sekolah, Madrasah, dan Pondok Pesantren. Capaian ini menunjukkan komitmen dan dedikasi yang luar biasa dalam menjalankan misi organisasi untuk meningkatkan pemahaman tentang kesehatan reproduksi di kalangan remaja. Menjadi keberhasilan lanjutan dari program yang sama yaitu OKY di tahun sebelumnya yang telah mengedukasi sebanyak lebih dari 4000 remaja di Jawa Timur selema bulan Januari-Juni 2023.

Selain itu, sebagai bagian dari program OKY, PKBI Jawa Timur juga memperkenalkan aplikasi OKY kepada siswa-siswa tersebut. Aplikasi OKY telah diunduh sebanyak 896 kali selama periode yang sama yaitu bulan Mei-Juni 2024, dan sebanyak 1878 pendownload aplikasi OKY pada tahun 2023. Ini menunjukkan antusiasme yang tinggi dari siswa dalam menjelajahi sumber daya yang disediakan oleh aplikasi ini untuk memahami serta mengelola kesehatan menstruasi mereka dengan lebih baik.

G2. YC PKBI Jember Sosialisasi MHM dan OKY di SLB Branjangan

Edukasi menstrual health management merupakan langkah penting dalam mempromosikan kesehatan reproduksi dan membantu siswa remaja memahami perubahan yang terjadi pada tubuh mereka selama masa menstruasi. Dengan pemahaman yang lebih baik, siswa-siswa ini dapat mengatasi tantangan kesehatan yang terkait dengan menstruasi serta mempertahankan kesejahteraan mereka.

G3. YC PKBI Mojokerto Sosialisasi OKY di SDN 1 Pungging

PKBI Jawa Timur merasa bangga atas capaian ini dan berterima kasih kepada UNICEF atas dukungan dan kemitraan yang telah diberikan. Tidak hanya berfokus pada peningkatan jumlah siswa yang teredukasi, PKBI Jawa Timur juga berkomitmen untuk terus memperluas jangkauan program ini guna lebih banyak remaja perempuan memahami mengenai manajemen kesehatan menstruasi di masa depan.

Dengan memberikan edukasi sosialisasi kesehatan seksual dan reproduksi sebagai prioritas, dan layanan yang komprehensif PKBI Jawa Timur melanjutkan upayanya untuk memberdayakan generasi muda dengan pengetahuan yang benar, sehingga mereka dapat membuat keputusan yang cerdas dan bijaksana terkait dengan kesehatan mereka sendiri. Kami percaya bahwa investasi dalam pendidikan dan pemahaman ini akan membawa perubahan positif dalam kehidupan siswa-siswa di Jawa Timur dan mendorong masyarakat yang lebih sadar tentang kesehatan reproduksi.