PKBI Jawa Timur Melaksanakan Serial Meeting Forum Keluarga Anak Berhadapan dengan Hukum di Bapas Surabaya

SIDOARJO – Pada tanggal 30 Juni 2024, Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Jawa Timur menyelenggarakan serial meeting Forum Keluarga Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH) di Balai Pemasyarakatan (Bapas) Surabaya.

Dalam Kegiatan menghadirkan Nafila Ikrima, S.Psi selaku Program Officer Inklusi PKBI Jawa Timur dan 5 Pembimbing Kemasyarakatan yang menangani kasus ABH di Tanjung Perak, Surabaya untuk berbagi informasi dengan 15 orangtua ABH.
Selain itu Kepala BAPAS Surabaya, Ibu Rika Apriyanti, A.Md.Ip., S.Sos. M.Si, turut hadir dan membuka kegiatan Serial Meeting Forum Keluarga ABH. Beliau menyampaikan, “Bahwa kegiatan ini bukan untuk menyalahkan orang tua, tapi sebagai usaha kita bersama untuk berkomitmen bahwa peristiwa ini menjadi yang terakhir bagi anak kita dan kedepannya kita mampu membimbing kembali anak kita.”

Dalam pertemuan ini, beberapa hal penting yang dibahas antara lain:

  1. Pentingnya dukungan orang tua bagi anak. Orang tua merupakan pihak pertama yang memberikan kasih sayang dan dukungan pada anak. Namun, terkadang kasih sayang yang berlebihan dapat berdampak negatif.
  2. Proses pendampingan anak yang masih dalam tahap pelaksanaan. Selain pendampingan, anak juga diberikan pembinaan di luar lembaga, seperti melakukan kerja sosial sesuai keputusan hakim.
  3. Pemahaman tentang pola asuh remaja. Menjadi orang tua tidak ada sekolahnya, sehingga orang tua perlu belajar seperti halnya belajar menggunakan gadget. Terdapat 3 hal penting terkait remaja, yaitu pergaulan/teman, sifat sulit dibilangi, serta perubahan perilaku.
  4. Pentingnya membangun kepercayaan antara orang tua dan anak. Anak cenderung lebih percaya pada teman-temannya, sehingga orang tua perlu menjalin hubungan yang baik dan menjadi sosok yang dapat dipercaya oleh anak.
  5. Aspek-aspek perkembangan remaja yang perlu diperhatikan, seperti perkembangan fisik, bahasa, kognitif, serta sosial emosional.
  6. Pola asuh yang dapat diterapkan, seperti penanaman nilai dan norma keluarga, penerapan aturan keluarga, menjalin komunikasi kasih sayang, serta memberikan keteladanan.

Melalui serial meeting ini, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman orang tua dan pihak-pihak terkait dalam mendampingi anak berhadapan dengan hukum, sehingga mereka dapat bereintegrasi atau kembali menjadi anggota masyarakat yang produktif.

#Anakberhadapandenganhukum #PKBIJATIM #programinklusi #inklusiuntuksemua #sejarah #wawasan #seni #melukis #menggambar

Kontak:
Hotline PKBI Daerah Jawa Timur
Nomor telepon: +62 823-2360-2830
Email : pkbijatim@pkbi.or.id
Alamat : PKBI Daerah Jawa Timur, Jl. Indragiri No. 24, Surabaya